ISLAM ADALAH PERATURAN HIDUP YANG SEMPURNA ISLAM ADALAH PERATURAN HIDUP YANG SEMPURNA | Artikel Islami Terkini

ISLAM ADALAH PERATURAN HIDUP YANG SEMPURNA

Diposting oleh AbdulGhofuur ibn Sulaiman on Kamis, 28 Februari 2013

ISLAM ADALAH PERATURAN HIDUP YANG SEMPURNA


  1. Agama Islam mengatur berbagai aspek kehidupan manusia baik di bidang pendidikan, ekonomi, politik, kebudayaan, hubungan sosial, pertahanan negara, kebersihan, kemasyarakatan, kerukunan dan lain-lain. Juga menggariskan metode yang benar dan tepat sesuai fitrah manusia untuk memecahkan kesulitan dalam bidang-bidang tersebut mulai dari zamannya Nabi Adam hingga hari Kiamat tiada terbantahkan oleh teori ilmiah manapun dan sudah teruji.
  2. Islam memberikan petunjuk jalan kehidupan manusia berdasar fitrah yang seharusnya. Islam adalah petunjuk yang Haq / tepat / benar untuk dapat membahagiakan manusia di dunia dan akhirat. 
  3. Islam sebelum menjadi syari’at (peraturan Allah) adalah sebagai kepercayaan atau keyakinan (bahwa Allah adalah sembahan yang hak). Karena Rasul Allah memusatkan upayanya di Makkah terhadap hal tauhid, baru setelah hijrah ke Madinah, mendirikan negara dan menerapkan/mempraktekkan syari’at Islam sesuai dengan petunjuk Al Qur'an.
  4. Islam mewajibkan untuk mencari ilmu pengetahuan dan kemajuan ilmu yang bermanfaat (perhatikan makna dari perintah yang tercantum pada QS Al-Alaq Ayat 1 - 5).  
  5. Islam menghalalkan harta yang diperoleh dengan cara yang halal yaitu yang tidak ada penindasan, penipuan serta mengutamakan harta yang halal itu hendaknya dimiliki oleh orang-orang sholeh, yang mau memberikan hartanya kepada orang kafir dan untuk perjuangan agar terealisasi keadilan sosial di kalangan umat Islam maupun Non Islam. Rasululloh Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : نعم المال الصالح للمرء الصالح . صحيح رواه أحمد. “sebaik-baik harta ialah harta yang halal ntuk orang yang sholeh.” (HR. Ahmad). 
  6. Islam agama perjuangan dan mencari kebahagiaan hidup. Karenanya ia mewajibkan seorang muslim untuk mengorbankan harta dan jiwa untuk menegakkannya (makna Jihad). Ia menghendaki agar manusia hidup tenang dalam naungan Islam dan lebih mementingkan urusan akhirat daripada dunia. 
  7. Menghidupkan fikiran Islam yang bebas dalam batas-batas yang tidak bertentangan dengan norma-norma Islam seperti menghilangkan kebekuan berfikir dan membuang sisipan fikiran yang menodai fikiran Islam yang murni dan menghalangi kemajuan umat Islam seperti masalah-masalah bid’ah, takhayul dan hadits palsu.

[ 0 komentar.... baca komen ato Tambahkan komen ]

Posting Komentar